Rabu, Oktober 21, 2020

Cegah Terorisme, Kamad dan Guru MTs Annur Ikuti Kegiatan Moderasi Dari Sekolah

Palangka Raya (Humas) – Kepala MTs Annur H. Rus’ansyah didampingi Guru Bahasa Arab MTs Annur menghadiri kegiatan Moderasi Dari Sekolah, Rabu (20/10/2020) di Hotel Aquarius.

Moderasi Dari Sekolah yang bertemakan "Internalisasi Nilai-Nilai Agama dan Budaya di Sekolah dalam Menumbuhkan Moderasi Beragama" ini merupakan kegiatan yang ingin melibatkan masyarakat dalam pencegahan terorisme melalui FKPT Kalteng di Bidang Agama, Sosial dan Budaya. Adapun yang diundang 80 guru dan kepala sekolah di Kota Palangka Raya.

Hadir menjadi narasumber Kepala Bidang Agama dan Sosial Budaya H. Syamsuri Yusuf yang juga sebagai Panitia Pelaksana Kegiatan FKPT Kalteng dan nara sumber dari Jakarta Sofyan sauri.

Ketua FKPT Provinsi Kalteng, H. Khairil Anwar melalui Ketua Panitian kegiatan FKPT H. Syamsuri Yusuf menjelaskan bahwa acara ini diharapkan bisa memberikan pencerahan bagi guru dan Kepsek khususnya  SMP/MTs di Kota Kota Palangka Raya Khusunya MTs Annur dalam memberikan pemahaman ke siswanya untuk melakukan pencegahan radikalisme.

"Para tenaga pendidik baik itu guru, kepala sekolah yang berhadapan langsung dengan peserta didik di kelas agar bisa diatasi ke hingga ke akar-akarnya," katanya.

Sebagai pemateri H. Syamsuri Yusuf Juga memaparkan mengapa kita harus moderat, hal ini dikarenakan kita hidup di negara yang multi agama, multi etnis dan multi bahasa. Indonesia memang sudah di takdirkan oleh Allah menjadi negara yang masyarakatnya majemuk, maka yang harus kita lakukan bukan mencari perbedaan karena memang sudah beda tetapi kita cari titik temu dan kesamaan dalam ajaran  agama.

“Semua agama mengajarkan ketuhanan, mengajarkan syariat dan ritual yang berbeda, namun kita harus sadar bahwa dari ajaran-ajaran agama yang berbeda itu ada kesamaan bahwa umat beragama baiknya seperti apapun menjalankan syariat vertikal dan ritual. Tidak akan dikatakan baik dan tidak akan membawa makna serta manfaat kalau tidak bernilai kemanusiaan sebab inti ajaran agama dalam kehidupan adalah kemanusiaan dan memanusiakan manusia, “ Imbuhnya.

Sementara itu Kepala MTs Annur, H. Rus’ansyah, mengutarakan rasa syukur dan bangga karna MTs Annur dilibatkan dalam mengikuti kegiatan ini, menurutnya kegiatan ini sangat bermanfaat guna memahami radikalisme dan pencegahan terorisme.

“Generasi milenial harus mampu untuk mengikuti perkembangan Iptek dan jangan sampai gaptek. Tetapi tidak boleh meninggalkan warisan budaya dan nilai-nilai luhur bangsa sebagai pengendali, jangan mudah terpengaruh dengan paham-paham baru yang cenderung radikal dan merusak kerukunan yang telah terjalin dengan baik, “ Tutur H. Rus’an. (Juhairi)

Tidak ada komentar:

Lengkapi KBM di Rumah, MTs Annur Programkan Pesantren Ramadhan Secara Daring

Palangka Raya (Humas) – Bulan Suci Ramadhan 1442 Hijriyah berjalan dalam situasi pandemi Covid-19, atas kondisi tersebut MTs Annur yang bera...