Selasa, Februari 25, 2020

MTs ANNUR GELAR BIMTEK APLIKASI SI-EKA


Palangka Raya (Humas) - Seluruh Guru Aparatur Sipil Negara (ASN) Madrasah Tsanawiyah (MTs) Annur mengikuti pelatihan penginputan aplikasi berbasis online yang dikenal dengan Sistem Informasi Elektronik ASN (SI-EKA), Selasa (25/2/2020) bertempat di ruang Laboratorium Komputer (Lebkom).

Pelatihan tersebut menghadirkan 2 narasumber yakni Pengawas Pembina Madrasah Kemenag Kota Palangka Raya, Misbah, M.Pd dan H. Rumaidi, S.Ag.

Dalam kesempatan tersebut, Misbah, M.Pd didampingi H. Rumaidi, S.Ag menyatakan bahwa sistem SI- EKA ini digunakan sebagai dasar untuk pembayaran tunjangan kinerja ASN dilingkungan Kemenag.

"Aplikasi berbasis online ini, langsung terintegrasi dengan Biro Kepegawaian Kementrian Agama Republik Indonesia,"ungkapnya.

Lebih lanjut, kata Misbah, M.Pd dasar hukum pelaksanaan Zona Integritas Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PERMENPAN dan RB) No. 52/2014 dan Surat SETJEN Kemenag RI No. Sj/B-IV/4/PS.oo/947/2015, dan Surat KA. Kanwil Kemenag Lpg No. Kw.o81/1.b/Kp.01.2/161/2015.

"SI-EKA ini dalam rangka mewujudkan kinerja ASN yang transparan, terukur dan optimal menuju zona integritas, wilayah bebas korupsi dan wilayah birokrasi dan melayani, "jelasnya.

Menurut Misbah, Guru hendaknya memperhatikan target capaian kinerja saat melakukan penginputan, sebab hal tersebut merupakan faktor utama dalam menentukan hasil laporan pada aplikasi SI-EKA. Misbah juga menambahkan cara efektif pengisian aplikasi SI-EKA diawali dengan menginput jenis kegiatan yang menjadi tugas utama guru, dan kegiatan selanjutnya mengacu pada Sasaran Kerja Pegawai (SKP) dan Laporan Kinerja (LAKIN).

“Saat menginput target kuantitas dan target penyelesaian pada kegiatan tahunan, sebaiknya disesuaikan dengan kemampuan masing-masing guru. Kinerja yang tidak mencapai target akan mengurangi persentase hasil laporan kegiatan bulanan. Sehingga akan berpengaruh terhadap pembayaran tunjangan pada bulan tersebut,” terang Misbah.

Sementara itu, Kepala Madrasah MTs Annur, H. Rus’ansyah sangat menyambut baik dengan diadakannya pelatihan tersebut, seraya meminta kepada seluruh Guru PNS MTs Annur untuk memperhatikan dengan baik bimbingan yang disampaikan Pengawas Pembina. H. Rus’ansyah berharap kegiatan pelatihan ini dapat memberikan manfaat bagi para Guru yang melakukan penginputan aplikasi SI-EKA.

“Kegiatan hari ini penting terutama kepada bapak-ibu guru PNS calon penerima tunjangan kinerja. Oleh karena itu saya meminta hal-hal yang disampaikan oleh Pengawas Pembina agar lebih diperhatikan dengan saksama. Saya pun berharap melalui pelatihan ini akan memberikan kemudahan kepada bapak-ibu dalam mengisi kinerja pada aplikasi SI-EKA, dan hasil laporan kegiatan yang didapatkan mencapai target kuantitas dan target penyelesaian yang ditentukan,” pungkas H. Rus’anyah saat mengikuti pelatihan. (Juhairi) 

Lengkapi KBM di Rumah, MTs Annur Programkan Pesantren Ramadhan Secara Daring

Palangka Raya (Humas) – Bulan Suci Ramadhan 1442 Hijriyah berjalan dalam situasi pandemi Covid-19, atas kondisi tersebut MTs Annur yang bera...